The Naked Traveler 7: Kumpulan Cerita Trinity Jalan-Jalan

Oktober 14, 2019

Buku The Naked Traveler 7 karya Trinity ini telat banget saya baca. Padahal, saya ikutan diskusi bukunya di Gramedia Central Park tahun 2016 yes. Berapa tahun yang lalu coba yaa? Agak lama memang kecepatan membaca saya, mungkin karena terlalu banyak tidur :D.


Ada banyak cerita di buku ketujuh ini sekaligus disuguhi gambar dan berwarna. Bahkan, Trinity memberikan slot untuk sahabatnya, Yasmin, yang sedang naik haji. Di sini, Yasmin menulis bagaimana pengalaman berhaji dari sisi seorang traveler, bukan dari sisi spiritualnya Yasmin selama di sana.

Buku ini terbagi dalam 10 bagian judul besar yang masing-masing judul besar itu terdiri atas beberapa tulisan Trinity yang (mungkin) ada di blognya. As you know, sebagian besar buku Trinity, terutama The Naked Traveler series, itu memang berangkat dari blog yang dibukukan. Saya tidak mengikuti blognya secara intens sih. Tapi (alhamdulillah) saya ngikutin series-nya The Naked Traveler dari yang kesatu hingga yang kedelapan; dari masih ada foto perempuan langsing banget di sampul belakang bukunya hingga sampul buku yang warna-warni dengan pengecualian seri yang kedelapan berwarna hitam, bukan ngejreng kayak yang sudah-sudah.

Nah, 10 judul besar itu apa aja sih? Banyaklah! Kesatu, bicara "Being a Travel Blogger", "Asia", "#YasminNaikHaji", "Lesson Learned", "Afrika", "Indonesia Itu", "Oseania", "Bikin Iri", "Kanada", dan "Ada-Ada Saja". Dari judul besar ini, akan muncul judul-judul artikel yang berhubungan dengan judul besar tersebut. Misalnya, "#YasminNaikHaji" ya sebagian besar berbicara kisah suka dan duka soal Yasmin naik haji yang sepertinya terjebak sama seorang ibu yang sotoy. Kalau "Afrika", tentunya pengalaman traveling Trinity ketika ada di Afrika. Di bagian Afrika ini sih yang seru karena ada kisah Trinity menjelajahi Srengeti dan tentunya obrolan kocak guide bareng temen-temennya soal Trinity yang notabene tipikal perempuan idaman di sana. Ehem.

Oh, ya, di buku ini, Trinity juga enggak hanya menceritakan pengalaman traveling-nya, tapi ada juga tips and trick traveling. Ada yang ngomongin soal etika traveling, budget traveling, kiat berpakaian saat musim dingin, atau berobat ke Penang. Soal Penang ini, kayaknya udah populer banget bagi banyak orang Indonesia yang menjadikannya salah satu destinasi untuk berobat, salah satunya teman saya.

Yang menurut saya paling kocak banget itu ketika dia ngomongin style turis domestik di Bali :D. Sepertinya dari semua yang ditulis Trinity sudah cukup mewakili pengamatan saya terhadap gayanya orang Indonesia liburan. Lucu, tapi bikin "Iya juga sih." Kadang sempet mikir, jangan-jangan gue gitu juga. But, believe me, I don't wear legging or uncomfortable materials.



So, buku Trinity yang The Naked Traveler ini--apa pun serinya--buat saya tetap menjadi buku yang berisi inspirasi dan hiburan. Tiap kali baca bukunya pasti ada perasaan dan keinginan buat jalan-jalan. Bahasanya enak dan topik-topiknya menarik. Cocok buat bacaan selingan ketika penat di antara kesibukan. Gak cuma selingan sih, koleksi juga boleh karena sampul bukunya menarik dan eye catching dengan warna yang ngejreng ;D

Happy reading!

You Might Also Like

0 komentar