Eluveitie

20.16.00


Grup band ini namanya adalah Eluveitie (dibaca El-Vay-Tee). Band ini disebut folk metal band atau Celtic metal band. Kenapa disebut folk? Karena mereka menggunakan instrumen tradisional, seperti bagpipes, mandola, gaita, bodhran, atau hurdy gurdy. Musik folk itu dipadu dengan unsur metal yang bisa didengar dari rhytm guitar dan suara keras si vokalisnya. Suara vokalis metalnya ini mirip banget dengan gayanya death metal yang--menurut saya--bikin sakit kepala. Hehehe.

Yang unik dari band ini adalah bahasa yang digunakan dalam liriknya. Mereka cenderung menggunakan bahasa Gaulish. Nah, bahasa apakah Gaulish itu? Bahasa Gaulish atau Gallic adalah rumpun dari bahasa Celtic yang sudah punah. Bahasa ini digunakan oleh orang Gauls (bukan anak gaul hehehe) yang mendiami daerah Gaul (mencakup Cisalpine dan Transalpine) pada Iron Age (masa prasejarah) hingga periode Roman. Bahasa ini adalah induk sejarah dari bahasa Prancis, Swiss, timur Belgia, Luxemburg, dan barat Jerman sebelum digantikan bahasa Vulgar Latin (bukan bahasa Latin standar) dan berbagai variasi bahasa Jerman dari sekitar abad ke-4 SM.

Nama Eluveitie berasal dari bahasa Helvetic Gaulish. Mungkin, turunannya dari bahasa Gaulish atau bagian dari Gaulish itu yang digunakan oleh suku Helvetic. Arti dari nama band ini adalah I am the Helvetian = saya orang Helvetii. Menurut wikipedia, nama itu merujuk prasasti yang berisi catatan awal dari suku Celtic Helvetii yang kini menjadi Swiss.

Grup band ini sudah menghasilkan empat album: Spirit (2006), Slania (2008), Evocation I: The Arcane Dominion (2009), Everything Remains (As It Never Was) (2010). Tentunya, unsur lagunya campuran folk dan metal yang cenderung death metal. Namun, yang paling saya suka adalah album dia yang ketiga, yaitu Evocation I: The Arcane Dominion. Di album ini, unsur folk-nya lebih berasa dan tidak terlalu metal. Musik-musiknya juga enak buat didengerin kalau ingin santai dan mengkhayal hidup di zaman Lord of the Ring.

Satu lagu favorit saya adalah Brictom. Ngubek-ngubek Mbah Google belum ada yang translate lirik ini ke bahasa Inggris. Bait yang diartiin cuma bnanom brictom yang maksudnya adalah sihir/mantra yang diucapkan perempuan. Konon, sih, lirik ini ditemuin di suatu naskah kuno dari zaman baheula. Jadi, ada kemungkinan, belum dialihbahasakan ke bahasa Inggris. Hehehe. Mau denger lagunya? Yuks, silakan.





Sangat terasa instrumen tradisionalnya dan kuatnya vokal si Anna Murphy. Cocok banget dia bawain lagu ini.

Selain album ini, saya juga suka denger satu lagu dari album mereka yang berjudul Slania. Lagu itu judulnya Slania's Song. Di lagu ini, jiwa nasionalis si pemusik berasa banget. Musiknya yang epic dan lirik lagu yang sangat menunjukkan jiwa patriot membuat lagu ini enak banget untuk dinikmati bagi para pecinta lagu epic. Mirip zaman-zaman Lord of the Ring. Ketika saya mendengar lagu ini, saya seolah-olah berada di tengah zaman Middle Age (halaaah) yang mau naik kuda dan siap perang. Mirip Eowyn hihihihi.





Grim battles
Against countless foes
Have steeled you
From the shores of the Rhine
To the top of the Alps,
Your fair meadows,
Your rank heathlands

The choirs of bards
Sing the glory
Of the undying names
Of fallen heroes,
That gave their lives,
Their blood
For the freedom of their fatherland.

Oh Sovereignty of my fathers
Oh land of my countrymen!
From your root sprang
A glorious nation
Of dure heroes.

Oh dulcet blossom of the living world!
Oh my fatherland, oh my Helvetia!

Your woman and maids
Noble and fair,
Your highest men
To this bravesong
They join in
The sword in my hand
Stand up and sing:

Membaca lirik dan mendengar nyanyiannya, tentunya terasa jiwa patriotnya. Ada nasionalisme di lagu itu. Seolah-olah ada peperangan yang akan terjadi hingga dibutuhkan pertahanan dan nyanyian untuk menyemangati para prajurit. Oke, the sword in my hand, stand up and sing!

You Might Also Like

9 komentar

  1. Wah suka eluveitie juga ya...
    Yang judulnya 'isara' juga syahdu tuh...ya kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tuh
      Merdu bgt denger lagu eluvetie isara
      Sampe merinding gtu
      Entah apa yang merasuki badan
      Serasa dia mau sampaikan sesuatu yg sulit tuk kita pahami lewat lagu itu

      Hapus
  2. Album terbaru Origins jg mantep

    BalasHapus
  3. Asli, baru pertama denger lagu mereka call of the mountain langsung jatuh cinta gua sama lagu lagu mereka (berkelas banget lagunya).

    BalasHapus
  4. Paling suka lagu omnos, gw merasa jatuh cinta ama suarany Anna Murphi keren....

    BalasHapus
  5. Bagi yg suka band ELUVEITIE bisa masuk grup Eluveitie Indonesia Ayo ramaikan Grupnya Thanks

    BalasHapus
  6. Bagi yg suka band ELUVEITIE bisa masuk grup FB Eluveitie Indonesia Ayo ramaikan Grupnya Thanks

    BalasHapus
  7. @David YC

    Oh, ada grupnya ya? Saya baru tau. Makasi infonya :)

    BalasHapus