Andreia: Kuteks Halal

20.04.00

Kalau bicara soal kuteks, sepertinya perempuan Muslim yang paling kesulitan untuk memakainya. Yup! Karena bagi perempuan Muslim, kuteks hanya bisa dipakai ketika sedang "berhalangan". Jadi, gak tiap hari untuk bisa lucu-lucuan kuku warna-warni.

Sebelumnya, saya pernah posting soal kuteks yang diklaim sebagai kuteks halal: Inglot. Konon, Inglot ini masuk dalam daftar halal karena teksturnya itu bersifat breathable yang bisa menyerap air masuk ke kuku sehingga gak perlu khawatir untuk wudhu. Walau kuku-kuku tetap gaya, kita pun masih bisa tetap beribadah. Sebenarnya, Inglot ini tidak punya label halal di kemasannya, hanya berdasarkan peneliti Muslim yang mengatakan bahwa Inglot bisa digunakan untuk shalat karena bisa menyerap air. Kalau saya ditanya, tentunya saya enggak yakin-yakin amat menyerap air karena dari baunya, sama aja dengan kuteks lainnya.

Iseng nanya teman yang menetap di France, saya dapat info merek kuteks lain bernama Andreia. Kuteks ini sepertinya cukup populer di kalangan Muslimah Eropa karena sepertinya merek ini yang paling laku dibanding Inglot.


Andreia ini adalah merek kosmetik yang basecamp-nya ada di Portugal. Sebenarnya, merek ini gak beda jauh dengan merek kuteks lainnya. Tapi, Andreia ini punya keunikan sendiri, yaitu label halal di kemasannya. Jujur baru kali ini saya nemu kuteks punya label halal. Saya sih gak tahu lembaga apa yang mengeluarkan label halal ini, tapi berdasarkan browsing dan tanya-tanya, label halal untuk kuteks ini dikeluarkan oleh MUI-nya Portugal. Jadi, aman dan tenang untuk Muslimah yang ingin membuat kuku-kuku mereka warna-warni.

Produk ini memang belum masuk Indonesia dan mungkin hanya beredar di sekitaran Eropa. Waktu itu saya  membelinya melalui instagram (at)dou2dette yang memang menawarkan kosmetik asli luar negeri dengan sistem PO. Harganya juga gak beda jauh dengan produk Inglot. Dan, ketika saya mencium kuteks ini, baunya sih gak terlalu beda sama bau-bau kuteks lainnya. Namun, sama seperti Inglot dan mungkin juga edisi breathable, kuteks ini gampang sekali mengelupas jika kena gesekan tertentu. Gampang bocel-bocel. Tapi, sih, gak terlalu berpengaruh banget karena kuku kita masih tetep cantik, kok. Nah, kalau saya ditanya apakah saya sudah memakainya? Pastinya sudah. Tapi, saya belum berani untuk menggunakan harian :D. Bukannya saya gak percaya, cuma belum berani :D. Ya, untuk sebagian Muslimah, terutama di Barat sana, adanya label halal ini membuat mereka pasti merasa lebih aman untuk menunaikan ibadah wajib. Kuku tetap cantik sekaligus bisa ibadah wajib :).

You Might Also Like

0 komentar