Sekilas Legally Blonde dan Confession of Shopaholic

April 03, 2009

Film Legally Blonde yang diperankan oleh Reese Whiterspoon ini memang sudah lama banget diputar di bioskop Indonesia. Saya tidak ingat kapan pertama main karena saya menonton film ini bertahun-tahun kemudian--setelah saya tahu teknologi DVD bajakan yang super duper canggih. Yang saya ingat, film ini sempat dibahas di CinemaCinema yang tayang di RCTI yang presenternya si Mayong dan Ira Wibowo.



Setelah saya melihat film ini bertahun-tahun kemudian, saya terkikik geli karena melihat si Elle Woods yang amat sangat PEDE. Dia cerdas, lucu, dan PEDE. Si tokohnya nggak pernah bete walau dihina-hina sama orang-orang di sekelilingnya. Tapi, dengan tekad dan PEDE yang dia punya, dia bisa ngebuktiin kalo dia tuh keren. Percakapan yang paling saya suka pada adegan itu sempat membuat saya termenung untuk sesaat. Pada saat itu, si Elle Woods yang ngerasa kalau dia salah jurusan ketemu Emmet. Secara garis besar, begini omongannya.

Elle Woods: Gue salah di sini. Ngambil jurusan hukum itu salah. Tempat gue bukan di sini.
Emmet : Eits, tunggu dulu, sapa tau aja, ini adalah jalan lo yang bener. Jalan lo buat jadi ahli hukum.

Nah, adegan ini yang membuat saya termenung. Kadang ya, kita ngerasa jalan yang kita pilih tuh salah. Padahal, udah gak bisa kembali ke jalan semula. Tapi, ya booo...sapa tau aja itu adalah jalan menuju yang menuju jalan yang terbaik buat kita. Nah, mumpung ngomongin ini, saya jadi teringat tulisannya si Susanna Tamaro yang bilang, kalau ada jalan bercabang dan kita bingung milihnya, mending diam sesaat dan tarik nafas dalam-dalam. Kalo udah yakin, pilih jalan yang oks deh. "Pergilah ke mana hati membawamu."

Film Legally Blonde ini yang membuat saya semangat kuliah. Ngeliat Elle Woods, saya dan teman saya memantapkan diri untuk bisa fokus kuliah walau jurusan yang diambil berbeda. Pada saat itu, saya dan teman saya sedang stres-stresnya kuliah.


Nah, beberapa waktu lalu, saya iseng nonton Confession of Shopaholic yang karakter utamanya si Rebecca Bloomwood karena dapet tiket gratisan dari teman saya. Sebenarnya, saya agak kecewa dengan film itu setelah dengar dari teman saya yang bilang kurang oke aja. Apalagi, ada perbedaan tempat. Di buku, si Rebecca itu orang Inggris tulen dan emang hobinya belanja apa aja. Tapi, si Rebecca yang ada di filmnya itu malah New Yorker yang hobinya belanja barang WUAAAH!!! a.k.a barang branded yang top abis. Abis nggak pernah ngeliat dia belanja barang yang biasa-biasa aja. Mungkin juga, saya udah lupa apa yang disebutin ama bukunya. Tapi, si Luke Brandon-nya keren banget walau beda dari gambaran saya tentang si Luke Brandon versi bukunya. Nah, karena banyak bedanya itu, saya malah ngeliat cerita baru yang bener-bener beda dari si buku.

Walau beda sama alur cerita yang di buku, saya menikmati alur film ini. Apalagi tokoh utama ini mengingatkan saya kepada Elle Woods. Berkali-kali saya berbisik ke teman saya bahwa Rebecca Bloomwoods mirip Elle Woods. Teman saya merespons, "Iya, bo, sama-sama ada Wood-nya di belakang."


Itu bener juga. Tapi, gambaran Rebecca di buku dan di film agak berbeda. Di buku, sepanjang yang saya ingat, Rebecca pede, tapi gak seancur Rebecca yang di film. Mengenai Rebecca yang di film, saya malah ingat si Elle Woods. Dua tokoh yang menurut saya memiliki karakter yang sama. Elle Woods dan Rebecca Bloomwood sama-sama super duper PEDE dan sangat suka dengan PINK. Mereka berdua konyol. Walau saya melihat Elle Woods lebih terlihat cerdas dibandingkan Rebecca. Terus, saya berpikir, apakah Elle Woods juga gila belanja? Kayaknya sih iya kalo ngeliat sosok Rebecca. Tapi, Elle Woods gak terlihat dia hobi belanja. Dia malah memperlihatkan kalau belanja itu adalah kodrat cewek. Mungkin juga tema filmnya beda ya booo, jadi nggak keliatan siapa yang gila belanja.

Tapi sih, kalau ditonton lagi film Confession of Shopaholic, Rebecca memang mirip Elle Woods. Bedanya yang paling jelas adalah Rebecca miskin dan duitnya terbatas pada utangnya yang banyak, sedangkan Elle Woods adalah orang kaya yang duitnya terlihat nggak keitung hingga dia bebas belanja apa aja dan jadi pelanggan tetap butik-butik terkenal.

Nah, kalo saya disuruh milih antara Elle Woods dan Rebecca Bloomwood, saya pasti akan memilih Elle Woods. Maaf ya, Rebecca...

gambar legally blonde dari sini
gambar confession of shopaholic dari sini

You Might Also Like

0 komentar