Linger

November 14, 2017

Gambar dari sini


A summer breeze makes all of our winters freeze autumn leaves. There's no chance for spring's romance. We linger on but leave the past behind us. Old lovers live it all a new. But chances are so few and choices are so true--Epica "Linger"

Mungkin butuh beberapa waktu untuk mengenal kita. Kau di ujung sana berdiri menantang lautan luas yang tak lagi bertepi; sedangkan aku berdiri di padang luas, berjalan kikuk di antara ilalang yang terbuai oleh angin.

Kita jarang bertatap. Begitu khusyuk dengan diri sendiri. Mencoba mengakali waktu, seperti pencuri yang mengendap-endap. Mungkin terlalu naif untuk mengerti keperkasaan waktu.

Hingga tiba suatu hari ketika lautan tak semakin ganas dan ilalang tak membuat kikuk. Di sanalah kita. Berdiri dan bertatap. Butuh berapa lama untuk kita bisa saling berhadapan seperti ini?

"Tahunan. Mungkin," katamu ragu. Di kepalamu, rentangan waktu panjang terhampar, menyelimuti kisah-kisah yang telah lewat. "Jika kita tak sibuk sendiri, mungkin tidak perlu seperti ini."

Ya. Mungkin begitu. Tapi, rasa tak pernah tunduk pada waktu. Rasa memiliki waktunya sendiri untuk tampak.

"Apakah kita terlalu lambat?" Aku bertanya sambil menatap ilalang di antara padang, sedangkan kau menatap lautan luas.

"Seharusnya tidak. Kapalku masih terikat di tepi. Kau bisa menaikinya kapan pun kau mau."

"Dan kau akan menunggu?"

Hening.

Aku menatapmu. Ada ragu di sana. Lalu, aku menunduk sambil memainkan jari-jariku. Sekilas aku melihat langkahmu tersentak ke belakang.

Katamu, "Aku hanya bisa mengikuti siluetmu selama ini. Waktu begitu perkasa."

Ya, waktu. Tak pernah dapat kita memperdaya dia. 

"Kau lelah?" tanyaku berbisik.

"Tidak. Bagiku cukuplah kita sejalan dan bersisian karena lautan masih begitu luas dan banyak kisah yang harus diceritakan."

Mungkin, inilah kita. Begitu khusyuk dengan diri kita. Tak kuasa memperdaya waktu. Hingga kita saling melupa.

Namun, rasa tak pernah punya rencana. Dia jatuh di mana saja. Kapan saja. Sesuka hatinya.

Dan, ketika rasa itu ada, aku tahu bahwa aku telah jatuh kepadamu. 

You Might Also Like

0 komentar